Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung, Tempat Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi Saat Akhir Pekan Nanti

Siapa sih yang tak kenal kota Bandung SOB?? kota yang selalu memberikan wisata-wisata baru di setiap tahunnya, Bandung sendiri merupakan tempat destinasi para wisatawan saat musim liburan tiba, baik wisatawan lokal maupun internasional

Bandung merupakan kota yang kaya akan Wisatanya, salah satunya yaitu Objek Wisata Alam. seperti yang ingin admin bahas kali ini sob yaitu Tentang Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung. Penasarankan dengan Objek Wisata Alam yang satu ini?? Yuk kita simak sob penjelasan mengenai wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Sejarah
Taman Hutan Raya atau yang biasa disebut juga dengan Tahura Djuanda dan juga THR Djuanda merupakan salah satu wilayah yang menjadi konservasi alam. Hutan konservasi ini letaknya dekat dengan pusat kota Bandung. Jadi bisa disimpulkan sebagai paru-paru kota lah sob.


Awal berdirinya Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda ini dibangun oleh pemerintah Hidia Belanda sebagai hutan yang dilindungi dan mempunyai nama Hutan Lindung Gunung Pulosari. Pada tahun 1960 gubernur Jawa Barat kala itu mulai mempersiapkan hutan lindung tersebut sebagai hutan wisata dan kebun raya, kemudian pada tahun 1965 Kebun Raya Hutan rekreasi Ir. H. Djuanda ini diresmikan. Nama belakang yang terdapat pada taman tersebut (Ir. H. Djuanda) merupakan penghormatan atas jasa - jasa yang diberikan Gubernur Jawa Barat kala itu.


Info Wisata
Ada banyak objek wisata di kawasan THR Djuanda ini, antara lain : Gua Belanda, Gua Jepang, Monumen Ir. H. Djuanda, Kolam Pakar, Curug Omas Maribaya, Prasasti Raja Thailand dan Taman Bermain. Tahura Djuanda juga biasa digunakan untuk berolah-raga lintas alam karena hutannya yang masih fresh. Oiya sob didalam objek wisata ini juga terdapat Camping dan Outbound lohh, jadi buat sobat yang ingin lebih dekat dengan alam takada salahnya untuk datang ke wisata ini untuk berlibur.


Lokasi
Wisata Taman Hutan Raya Djuanda Bandung terletak di kampung pakar, desa ciburial, kecamatan cimenyan Bandung. wilayah ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha, dan membentang dari kawasan dago pakai sampai dengan Maribaya Lembang.

Banyak Jalan menuju wisata Taman Hutan Raya Djuanda ini, diantaranya:

  • Gerbang Tahura di daerah pakar Dago,
  • Gerbang Tahura didaerah lembang, dan 
  • Pintu masuk PLTA Bengkok


Karena begitu luasnya wisata ini maka banyak terdapat beberapa pintu gerbang untuk masuk ke wisata Taman Hutan Raya Djuanda. Akan tetapi, yang paling mudah di akses adalah gerbang dari dago pakar. Sebenarnya Gerbang utama untuk menuju lokasi wisata ini sudah gampang untuk diakses dan jalannya juga cukup bagus.

Oke sekian dari artikel jalanjalansob semoga artikel ini dapat membantu sobat yang ingin berwisata alam yang masih fresh udaranya di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Jangan lupa dishare yah artikel ini, agar orang - orang yang berada di sekitar sobat juga tau wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel