Mengenal Lebih Dekat Desa Jodipan Malang

Rumah Jodipan Malang

Anda mungkin sudah sering mendengar nama beberapa desa di luar negeri, seperti Desa Riomanggiore dan Desa Burano di Italia, Bo-Kaap di Afrika Selatan, Rainbow Family Village di Taiwan dan berbagai tempat lainnya yang terkenal karena keindahan beragam warna menghiasi rumah para penduduk desa tersebut. Desa-desa tersebut memang dikenal sebagai desa warna-warni atau desa pelangi yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang ingin berwisata.

Tetapi, kali ini tidak perlu untuk jauh-jauh Anda pergi ke luar negeri untuk menikmati liburan yang lebih cerah dan penuh warna, sebab di Indonesia sendiri telah ada desa warna-warni yang keindahannya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri. Hanya perlu melangkahkan kaki ke kota Malang, dan Anda akan menemukan keindahan desa warna-warni atau desa pelangi tersebut.

Kampung Jodipan atau yang sering di sebut desa pelangi ini terletak di bantaran Kali Brantas, kecamatan Blimbing Kota Malang. Perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru yang menghiasi berbagai rumah yang ada di kampung ini menjadikannya sebagai tempat yang sedap dipandang mata sekaligus menarik untuk dijadikan tempat untuk berfoto ria. Sepintas, jika dilihat dari atas Jembaran Brantas, Kampung Jodipan ini sangat mirip dengan Favela Santa Maria yang ada di Rio De Janerio, Brazil.

Foto : Ist

Kampung Jodipan pada awalnya merupakan sebuah kampung yang cukup kumuh, karena berada di bantaran kali sehingga ketika musim hujan tiba, air sungai akan meluap dan menyisakan banyak sampah di rumah – rumah warga yang letaknya sangat dekat dengan bibir sungai. Dari situlah muncul sebuah gagasan dari para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk mengubah Kampung Jodipan yang semua kumuh menjadi lebih berwarna.

Ide dari para mahasiswa tersebut disambut baik oleh sebuah perusahaan cat terkenal serta dibantu oleh anggota TNI, yaitu Paskhas Lanud Abdurrahman Saleh dalam pengerjaan pengecatan rumah warga. Tak hanya dinding rumah yang terlihat dari pinggir jalan yang dicat, namun bagian pintu dan dinding yang terletak di dalam gang – gang sempit pun ikut dicat dengan beragam warna yang sangat menarik. Atap rumah yang berwarna – warni semakin menambah semarak keindahan Kampung Jodipan.

Dengan hasil kerja keras tersebut, Kampung Jodipan disulap menjadi kampung yang indah dan menawan dengan menjadikan kampung warna – warni seperti yang ada di luar negeri. Kini, Kampung Jodipan sangat viral di berbagai sosial media lewat foto – foto yang diunggah oleh netizen baik itu lewat facebook, Instagram dan jejaring sosial lainnya. Anda bisa mengunjungi Kampung Jodipan di Jalan Gatot Subroto, Kota Malang yang terletak disebelah selatan Stasiun Kota Baru.



Ketika melewati Jembatan Brantas maka arahkanlah pandangan anda ke sebelah kiri bagian bawah dari jembatan dan mata anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan warna – warni yang begitu menyejukkan. Tidak usah repot pergi ke luar negeri, karena di Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah indah bukan?

Sumber : Wanita.me

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel