5 Masjid Di Jakarta Yang Recommended Untuk Beri'tikaf

Bulan Ramadhan menyisakan kurang lebih 10 hari lagi, seluruh umat muslim tentu ingin memperbanyak ibadah nya. Salah satu yang sering dilakukan umat muslim menjelang berakhirnya bulan Ramadhan adalah beri'tikaf.

Dikutip dari Wikipedia i'tikaf berasal dari bahasa Arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif.

Di Jakarta ada banyak sekali masjid-masjid yang bisa dijadikan untuk beri'tikaf, jalanjalansob.com akan mensarikan dari berbagai sumber, masjid yang nyaman untuk beribadah dan juga mudah untuk mencari santapan sahur.

1. Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal Untuk Beritikaf
Foto: Ist
Masjid Istiqlal beralamat di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Masjid ini merupakan masjid terbesar se Asia Tenggara, dengan bisa menampung begitu banyak jamaah, jadi i'tikaf dimari menjadi nyaman pastinya. Selain itu Masjid Istiqlal juga memberikan menu berbuka puasa dan sahur bagi para jamaah yang datang. Namun jumlahnya sangat terbatas.

2. Masjid Baitul Ihsan
Masjid Baitul Ihsan Untuk Beritikaf
Foto: Ist
Masjid Baitul Ihsan berada di Komplek Bank Indonesia, Jalan Budi Kemuliaan, Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Di masjid ini suasananya sangat sejuk sekali dan juga bersih, jadi cocok buat sobat yang beri'tikaf. Bagi sobat yang beri'tikaf di masjid ini, pihak masjid menyediakan kupon makanan bagi para jamaah yang dapat ditukarkan saat waktu sahur tiba. Beri’tikaf di sini berstruktur atau terjadwal, kegiatan pada malam hari akan dimulai dengan kajian, kemudian dilanjutkan dengan waktu bebas dan qiyamullail pada pukul 02.00 yang akan berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam.

3. Masjid Sunda Kelapa
Masjid Sunda Kelapa Untuk Beritikaf
Foto: Ist
Masjid Sunda kelapa berada di kawasan Taman menteng. Udara di dalam masjid yang sejuk, dengan banyaknya jumlah toilet, serta tersedianya screen and sound yang menghubungkan dengan jamaah laki-laki menjadi nilai plus dari masjid ini. Jika sobat ingin beri’tikaf di Masjid Sunda Kelapa, agenda dimulai dengan shalat tarawih dan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama (hampir sama dengan masjid Baitul Ihsan).

4.  Masjid At-Tin
Masjid At-Tin Untuk Beritikaf
Foto: Ist
Masjid At-Tin berlokasi di dalam area Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Masjid At-Tin sendiri adalah satu di antara dua masjid megah di kawasan TMII selain Masjid Diponegoro. Masjid At-Tin sangat ramai dikunjungi saat bulan Ramadhan tiba. Tapi, meskipun ramai, masjid ini tergolong luas dan rapi, karena memiliki ruang khusus untuk tidur dan area shalat yang terpisah, sehingga sobat bisa beribadah i'tikaf ataupun beristirahat dengan lebih nyaman. Kalau sudah mendekati waktu sahur, sobat bisa berjalan sekitar kurang lebih 100 meter ke luar masjid, dan sobat akan menemukan spot jajanan yang cukup banyak di sana.

5. Masjid Agung Al-Azhar
Masjid Agung Al-Azhar Untuk Beritikaf
Foto: Ist
Masjid Agung Al-Azhar berlokasi di Kebayoran baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Sama seperti masjid-masjid yang admin sebutkan diatas, masjid Agung Al-Azhar juga kerap dipadati oleh jamaah yang beri’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan. Dimasjid ini sobat bisa merasakan suasana yang tenang dari jalanan ibukota dan nyaman, sehingga membuat jamaah i'tikaf bisa lebih khusyu’ dalam beribadah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel